Page Nav

HIDE

Grid

GRID_STYLE

Classic Header

{fbt_classic_header}

Header

//

Breaking News:

latest

PANDUAN PENULIS KELOLA AKUN SINTA TAMBAH ARTIKEL, BUKU, HAKI

Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) meluncurkan aplikasi bernama SINTA alias Science and Technology Index. Aplikasi ini berupa por...

Kementerian Riset dan Teknologi (Kemenristek) meluncurkan aplikasi bernama SINTA alias Science and Technology Index.



Aplikasi ini berupa portal yang berisi pengukuran kinerja Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) antara lain kinerja dosen peneliti, kinerja jurnal, kinerja institusi IPTEK, dan author atau penulis jurnal. Selain mengukur kinerja IPTEK, SINTA juga menjadi alat pengindeks internasional sebagai arsip jurnal, buku, artikel, dan karya ilmiah lainnya.

Tak sama dengan portal pengindeks seperti Google Scholar, Portal Garuda, Indonesian Publication Index (IPI), dan Indonesia Science and Technology Index (Inasti), SINTA memiliki fitur yang lebih lengkap seperti Citation (indeks dalam setahun untuk Google Scholar dan Scopus), Networking (mengetahui siapa saja yang pernah bekerja sama), dan Research Output (jurnal, artikel, buku yang telah dipublikasikan), dan Score (melihat indeks di Scopus, Google Scholar, dan Inasti).

SINTA dikembangkan sebagai wadah hasil penelitian untuk dipublikasikan secara online. Para peneliti dan dosen diberi kesempatan sebesar-besarnya untuk berkontribusi melalui aplikasi SINTA. Kedua profesi ini diharapkan mampu menambah jumlah jurnal atau karya ilmiah melalui portal tersebut. Syarat untuk menggunakan SINTA cukup dengan membuat akun berisi data diri dan melampirkan karya yang telah dipublikasikan.

Berikut cara mendaftar akun SINTA Kemenristek:

  1. Masuk ke halaman sinta2.ristekdikti.go.id lewat browser Anda.
  2. Langkah selanjutnya, klik pada menu Registration.
  3. Anda akan diminta mengisi data-data seperti status (lecturer atau dosen), NIDN (Nomor Induk Dosen Nasional, nama lengkap, universitas tempat Anda bekerja, jabatan saat ini, nomor KTP, alamat email, password, dan Google Scholar URL.
  4. Disarankan menggunakan alamat email resmi yang terdaftar di universitas.
  5. Sertakan URL Google Scholar dari jurnal atau karya ilmiah yang telah Anda publikasi.
  6. Masukkan juga link Scopus jika Anda telah mengunggah karya ilmiah atau jurnal bereputasi.
  7. Kemudian klik Register.
  8. Buka alamat email yang Anda daftarkan tadi. SINTA akan mengirimi Anda pesan yang berisi tautan.
  9. Aktivasi akun Anda dengan mengeklik tautan yang diberikan pada email tersebut.
  10. Selanjutnya, Anda bisa log in untuk masuk ke akun Anda.
  11. Setelah akun SINTA Anda aktif, seluruh aktivitas akademik Anda bisa terintegrasi dalam satu database dari Kemenristek.

Tidak ada komentar