LP2M IAIN Parepare---Pengenalan Mahasiswa KKN IAIN Parepare kepada siswa untuk membangun kedekatan sejak awal. Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) IAIN Parepare Posko 47 melakukan kunjungan perdana ke SDN 13 Tanrutedong sebagai langkah awal memperkenalkan diri kepada siswa dan tenaga pendidik. Kegiatan ini bertujuan membangun suasana yang akrab dan kondusif agar program-program KKN dapat berjalan lancar selama masa pengabdian.
Kunjungan yang bertema "Membangun Sinergi Mahasiswa dan Siswa dalam Semangat Pendidikan" ini dilaksanakan pada Selasa, 15 Juli 2025, pukul 08.00 hingga 11.30 WITA di SDN 13 Tanrutedong. Kegiatan diikuti oleh 150 siswa, 7 guru, serta 6 mahasiswa KKN dari Posko 47 Desa Kampale.
Selama kunjungan, mahasiswa melakukan berbagai aktivitas yang dirancang untuk menumbuhkan keakraban dengan siswa dan guru. Diawali dengan sambutan hangat dari pihak sekolah, mahasiswa secara bergantian memperkenalkan diri, mencantumkan nama, asal jurusan, serta tugas umum mereka selama masa pengabdian.
Setelah sesi perkenalan, suasana menjadi lebih cair dengan adanya ice breaking, permainan edukatif, dan sesi tanya jawab santai yang melibatkan siswa. Beberapa mahasiswa juga memberikan pengajaran motivasional singkat dan membacakan cerita inspiratif yang sesuai dengan usia siswa di beberapa kelas.
Ibu Erni, guru SDN 13 Tanrutedong, memberikan gambaran singkat mengenai profil sekolah, mulai dari jumlah siswa, guru, hingga berbagai tantangan yang dihadapi, terutama dalam bidang pembelajaran dan kegiatan ekstrakurikuler. Hal ini menjadi dasar penting bagi mahasiswa untuk menyesuaikan program kerja selama KKN.
Kegiatan berjalan lancar dengan antusiasme tinggi dari siswa dan guru. Interaksi positif antara mahasiswa dan siswa diharapkan menjadi modal utama dalam pelaksanaan program-program KKN yang lebih mendalam ke depannya.
Melalui kegiatan kunjungan dan pengenalan awal ini, diharapkan terjalin hubungan yang erat antara mahasiswa KKN Posko 47 dengan seluruh warga SDN 13 Tanrutedong. Kehadiran mahasiswa diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata dalam meningkatkan semangat belajar siswa serta menciptakan suasana kolaboratif yang mendukung pelaksanaan kegiatan KKN secara optimal.(Fzs/Srh)