Skip to Content

Buhaerah dan Tim: Inovasi Pembelajaran Abad ke-21 melalui Buku Akselerasi 4CS

Judul Buku        : Akselerasi 4CS (Critical Thinking Skill, Creative Thinking Skill, Collaboration Skill, Communicative Skill) Berdasarkan Mathematical Process

Penulis              : Buhaerah, Kaharuddin, Hafis, dan Nurfaizah

Editor                : Azmidar

Penerbit             : IAIN Parepare Nusantara Press

Jumlah Hal.   : 169 halaman

Tahun Terbit       : 2024

ISBN                   : 978-623-8563-21-0

Sinopsis Buku

Buku ini menghadirkan pendekatan inovatif untuk mengakselerasi keterampilan abad ke-21, yang dikenal sebagai 4CS: Critical Thinking Skill, Creative Thinking Skill, Collaboration Skill, dan Communicative Skill, melalui proses matematis. Penulis mengintegrasikan proses matematika sebagai landasan dalam memperkuat empat keterampilan utama ini, yang dianggap penting untuk mempersiapkan generasi muda menghadapi tantangan dunia modern.

Buku ini memuat pembahasan teoretis dan praktis tentang cara mempercepat penguasaan 4CS melalui tahapan sistematis, didukung dengan studi kasus, lembar kerja, dan panduan praktis yang dapat diterapkan di berbagai jenjang pendidikan. Bab-babnya menguraikan strategi pembelajaran yang melibatkan sintaks pemecahan masalah, generalisasi, analisis, dan kolaborasi untuk memastikan keberhasilan pembelajaran berbasis 4CS.

Ulasan

Buhaerah dan tim, menunjukkan dedikasi tinggi untuk menjawab tantangan pembelajaran abad ke-21. Buku ini tidak hanya membahas pentingnya 4CS secara konseptual, tetapi juga menyajikan strategi implementasi yang praktis, membuatnya relevan untuk guru, dosen, dan praktisi pendidikan. Keunggulan utama buku ini adalah pendekatannya yang berbasis proses matematis, yang memadukan teori dengan langkah-langkah praktis. Setiap bab dirancang dengan baik untuk memberikan panduan terstruktur, termasuk indikator berpikir kritis berbasis tahapan Facione, keterampilan kreatif berdasarkan empat dimensi kreativitas, dan strategi kolaborasi berbasis interaksi sosial. Penulis juga menghadirkan studi kasus langsung dari kelas, yang memperkaya isi buku dan memberikan pembaca wawasan tentang penerapan di lapangan.

Meskipun buku ini sangat berguna untuk kalangan akademik, ada beberapa istilah teknis yang mungkin memerlukan latar belakang pendidikan khusus bagi pembaca umum. Namun, hal ini tidak mengurangi nilai utama buku sebagai referensi penting untuk pendidikan berbasis 4CS.

Simpulan

Akselerasi 4CS Berdasarkan Mathematical Process adalah karya yang memberikan kontribusi signifikan dalam pengembangan literatur pendidikan. Dengan kombinasi teori, praktik, dan panduan pembelajaran, buku ini menjadi sumber daya yang sangat direkomendasikan bagi mereka yang ingin mengintegrasikan keterampilan abad ke-21 ke dalam pendidikan berbasis matematika. Buku ini memperlihatkan bahwa inovasi dalam pembelajaran dapat meningkatkan kualitas pendidikan menuju generasi yang lebih kreatif, kritis, kolaboratif, dan komunikatif.

Biodata

Penulis Buhaerah adalah dosen aktif di IAIN Parepare yang memiliki fokus penelitian pada pendidikan matematika. Sebagai seorang akademisi, ia telah berkontribusi secara signifikan dalam pengembangan kurikulum berbasis keterampilan abad ke-21 dan sering menjadi fasilitator dalam pelatihan guru. Kaharuddin, yang juga berperan besar dalam penulisan buku ini, dikenal sebagai ahli dalam bidang teknologi pendidikan. Ia banyak mempublikasikan artikel ilmiah yang membahas integrasi teknologi dalam pembelajaran matematika. Hafis merupakan praktisi pendidikan yang memiliki spesialisasi dalam desain pembelajaran kolaboratif. Beliau aktif memberikan pelatihan kepada pendidik tentang metode pembelajaran inovatif yang berorientasi pada pengembangan keterampilan abad ke-21. Sementara itu, Nurfaizah adalah peneliti muda dengan fokus pada pengembangan kreativitas siswa melalui pendekatan matematika. Karya-karyanya banyak diaplikasikan dalam pendidikan dasar dan menengah, memperkuat relevansi buku ini sebagai panduan dalam dunia pendidikan.

 

LP2M January 24, 2025
Share this post
Tags
Archive

Refleksi Demokrasi: Menjelajahi Perspektif Multidisiplin bersama Akademisi IAIN Parepare