Suhartina Membangun Cinta melalui Empat Pilar Persaudaraan Malam ini saya teringat kembali dinamika arah pendidikan kita. Dulu kita sempat terkaget-kaget saat Kurikulum MBKM mulai bergulir. Belum habis rasa heran itu, muncul pula istilah OBE (Outcome-Based Ed... A. Nurkidam opini dosen
Suhartina Kurikulum Cinta Tak akan Hidup Tanpa Pendidik yang Mencintai Pendidikan bukan sekadar mentransfer ilmu. Ia adalah upaya memanusiakan manusia. Maka ketika Kementerian Agama RI menggagas Kurikulum Cinta, sejatinya itu adalah ajakan untuk kembali pada esensi pendi... Muhammad Saleh opini dosen
Suhartina Bahasa Cinta dalam Dakwah: Jalan Lembut Menuju Pendidikan Rahmatan Lil Alamin Dalam dunia yang kian terpolarisasi oleh perbedaan, dakwah tidak lagi cukup hanya disampaikan dengan suara lantang dan narasi tunggal kebenaran. Kita hidup dalam masyarakat yang multicultural, berbeda... Sumarni Sumai opini dosen
Suhartina Menyalakan Pelita Kasih dalam Dakwah: Visi Cinta untuk Pendidikan Rahmatan lil ‘Alamin Di tengah dunia dakwah kontemporer menunjukkan peningkatan intensitas ujaran kebencian, polarisasi identitas, dan penggunaan narasi kekerasan atas nama agama, yang secara signifikan mengaburkan nilai-... Ramli opini dosen
Fikruzzamansaleh Mahasiswa KKN IAIN Parepare Lakukan Observasi dan Pengenalan Masyarakat di Lembang Kaduaja sebagai Langkah Awal Penentuan Program Kerja LP2M IAIN Parepare--- Sebanyak 13 mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare melaksanakan kegiatan observasi dan pengenalan masyarakat di Lembang Kaduaja, Ming... KKN 2025
Suhartina Kurikulum Cinta dalam Ilmu Hukum: Menjembatani Akal dan Nurani Hukum sering kali dianggap kaku, prosedural, dan sering kali tidak manusiawi dalam penerapannya, penerapan kurikulum cinta mungkin terkesan utopis. Akan tetapi jika hukum memang bertujuan untuk menega... Rusdianto Sudirman opini dosen
Fikruzzamansaleh Mahasiswa KKN IAIN Parepare Ikuti Pengajian Rutin Bersama Masyarakat Desa Eran Batu LP2M IAIN Parepare--- Sebagai bagian dari program Kuliah Kerja Nyata (KKN) tahun 2025, mahasiswa Posko 21 Institut Agama Islam Negeri Parepare turut serta dalam kegiatan pengajian rutin yang diselengg... KKN 2025
Suhartina Efek Domino dalam Kurikulum Cinta Pembelajaran Matematika: Meningkatkan Kemampuan Siswa Secara Berkelanjutan Pembelajaran matematika yang efektif dapat memiliki dampak yang luas dan berkelanjutan pada kemampuan siswa. Salah satu konsep yang dapat menjelaskan fenomena ini adalah efek domino, di mana satu peri... Buhaerah opini opini dosen
Fikruzzamansaleh Seminar Program Kerja KKN IAIN Parepare Posko 21 Desa Eran Batu, Sosialisasikan Program Pemberdayaan Masyarakat LP2M IAIN Parepare--- Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata (KKN) dari Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Parepare Posko 21 menyelenggarakan Seminar Program Kerja pada Rabu, 16 Juli 2025. Kegiatan yang berlang... KKN 2025
Admin Filosofi Permainan Domino dan Kurikulum Berbasis Cinta Ada satu permainan yang sederhana, tapi kaya makna: domino. Beberapa menyebutnya sebagai hiburan bapak-bapak, sebagian lain menyebutnya pengisi waktu luang yang penuh strategi. Tapi siapa sangka, di b... nasruddin opini dosen
Suhartina Mendidik dengan Cinta, Menata Ulang Republik Korupsi makin canggih, oligarki makin rapi, hukum makin lentur, terutama bila bersentuhan dengan kekuasaan. Di tengah situasi politik dan ketatanegaraan yang kadang terasa seperti pertunjukan sinetron... Dirga Achmad opini dosen
Admin Kurikulum Berbasis Cinta: Menenun Ikatan Sosial dalam Masyarakat Muslim Dalam dunia pendidikan Islam, gagasan “kurikulum berbasis cinta” bukan sekadar jargon utopis yang romantis, melainkan sebuah respon epistemologis atas tantangan sosial kontemporer yang menggerus nilai... St. Aminah opini dosen