Humas IAIN Parepare — Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) IAIN Parepare kembali menegaskan komitmennya dalam mendorong produktivitas akademik dosen melalui Program Hibah Buku Tahun 2025. Sebanyak 32 dosen penerima hibah resmi menandatangani kontrak hibah buku yang digelar di Aula LP2M, Kamis (13-11-2025).
Kegiatan ini menjadi langkah nyata LP2M dalam memperluas budaya menulis di lingkungan kampus, sekaligus mendukung peningkatan jumlah publikasi berbasis hasil penelitian dan pengabdian masyarakat dosen.
Ketua LP2M IAIN Parepare, Dr.Muhammad Haramain, M.Sos.I., menyampaikan apresiasi kepada para dosen penerima hibah yang terus menunjukkan semangat literasi dan produktivitas akademik.
“Hibah buku bukan sekadar bantuan dana, tetapi bentuk kepercayaan lembaga kepada dosen untuk melahirkan karya bermutu. Kami berharap buku-buku ini dapat memperkaya khazanah keilmuan, memperkuat profil akademik dosen, dan memberi manfaat bagi masyarakat luas,” ujar Dr. Haramain.
Sementara itu, Kepala Pusat Publikasi LP2M, Suhartina, M.Pd., menegaskan bahwa program hibah buku menjadi bagian dari ekosistem publikasi ilmiah yang berkelanjutan di IAIN Parepare.
“Kami ingin membangun tradisi akademik yang produktif dan berkelanjutan. Setiap buku yang lahir dari hibah ini diharapkan tidak hanya berhenti pada penerbitan, tetapi juga menjadi rujukan dan inspirasi bagi mahasiswa, dosen, serta masyarakat,” jelasnya.
Salah satu penerima hibah, Muajiz Muallim., dosen Fakultas Tarbiyah, mengaku bersyukur atas dukungan LP2M yang konsisten memfasilitasi karya tulis dosen.



“Program ini sangat membantu kami yang sedang mengembangkan riset menjadi buku referensi. Selain memotivasi, hibah ini juga menjadi bentuk pengakuan atas kerja ilmiah yang sering kali membutuhkan waktu panjang,” ungkapnya.
Dengan 32 penerima hibah tahun ini, LP2M IAIN Parepare berharap semakin banyak dosen yang terinspirasi untuk menulis dan menerbitkan karya orisinal yang mendukung visi kampus menuju World Class Islamic University berbasis riset dan publikasi.