Suhartina Merawat Harmoni Lewat Kata Kata bisa menjadi jembatan yang memperkuat persaudaraan, atau sebaliknya, jurang yang memperlebar perbedaan. Dalam kehidupan organisasi, perbedaan pandangan dan dinamika sosial adalah sesuatu yang waj...
Suhartina Pamer: Bara Kecil yang Membakar Negeri "Kericuhan yang menyertai aksi demo dalam beberapa pekan terakhir merupakan gejala sosial yang berakar pada rasa ketidakadilan. Sumbernya tak lepas dari perilaku sebagian pejabat publik yang gagal men...
Suhartina Indonesia Tidak Gelap, Indonesia Sekarang Menyala! Slip of the Tongue Dibalas People Power “Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Kami akan menguji kamu dengan keburukan dan kebaikan sebagai cobaan (yang sebenar-benarnya). Dan hanya kepada Kamilah kamu dikembalikan”(QS. Al-Anbiya/ 21:...
Tim Editor LP2M IAIN Parepare Kurikulum Cinta: Jalan Panjang Membangun Bangsa Tanpa Kebencian Rasa saling benci muncul ketika tidak ada rasa cinta, rasa kasih sayang di antara satu sama lain. Benarkah seperti itu? Dunia terasa menyesakkan dada, pandangan iri menyelimuti hati untuk setiap pasan... Hayana Kurikulum Berbasis Cinta Opini Dosen
Hamzah Aziz Kurikulum Cinta: Menerima Kenyataan, Melawan Kepalsuan ala Matematika "Cinta bukanlah sekadar kelembutan yang manis, tapi juga keberanian yang keras kepala untuk menatap kenyataan apa adanya." (Zulfiqar) Kampus kami turut menghidupkan spirit dan ruh kurikulum cinta, gag... Filsafat Cinta Kurikulum Cinta Opini Dosen Zulfiqar Busrah
Hamzah Aziz Kurikulum tanpa Cinta Bagai Logika tanpa Rasa “Komunikasi adalah proses menyampaikan pesan.” Kalimat itu terdengar sederhana, bahkan klise, di hampir semua buku ajar komunikasi. Tapi, benarkah hanya itu esensinya? Dalam praktiknya, banyak orang m... Kurikulum Cinta Nahrul Hayat, M. I. Kom Opini Dosen
Hamzah Aziz Religiositas dan Kurikulum Berbasis Cinta Suatu siang saat browsing di depan layar laptop, saya menemukan sebuah kutipan sederhana, sarat makna. Di tulisan itu, ada kalimat yang membuat saya berhenti lama: “Pendidikan sejatinya adalah latihan... Kurikulum Berbasis Cinta Muhammad Haramain Opini Dosen Religiositas
Hamzah Aziz Selamat Datang Mahasiswa Baru: Jangan Hanya Singgah, Jadilah Penuntut Ilmu Sejati "Ilmu tanpa akhlak hanyalah kesombongan. Sarjana tanpa konsistensi hanyalah gelar kosong. Mahasiswa tanpa perjuangan hanyalah penonton di kelas, bukan pejuang ilmu. Orang cerdas tapi malas akan tersis... Islamul Haq Motivasi Akademik Opini Dosen PBAK 2025
Suhartina Jurnalisme Merdeka, Mencetak Generasi Tangguh di Era Digital Peringatan HUT Kemerdekaan RI ke-80 pada 17 Agustus 2025 memang telah usai. Namun, semangat kemerdekaan tidak boleh berhenti pada seremoni tahunan. Justru setelah perayaan itu, kita perlu kembali mere...
Suhartina Harapanku di Bukit Harapan Bukit Harapan bukan sekadar nama. Ia menyimpan sejarah panjang, sarat makna, dan menyimpan cerita tentang sebuah lembaga pendidikan tinggi keagamaan yang lahir dari cita-cita besar. Dari sebuah kelas ... Opini Dosen PBAK
Tim Editor LP2M IAIN Parepare Resistensi dalam Sejarah Pengenalan Kampus bagi Mahasiswa Baru Refleksi Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) Resistensi terhadap sejarah pengenalan kampus bagi mahasiswa baru selalu menjadi bagian penting dalam dinamika pendidikan tinggi di Indones... Opini Dosen PBAK mahasiswa baru
Hamzah Aziz Akreditasi, SDM, dan Posisi Kampus dalam Era Kurikulum Cinta Dalam percaturan pendidikan tinggi, akreditasi kerap dipandang sekadar formalitas administratif, sebuah “stempel” dari BAN-PT maupun Lembaga Akreditasi Mandiri (LAM) yang harus dipenuhi agar program s... Akreditasi Kurikulum Cinta Opini Dosen SDM Tasrif, SE., MM.